subditp3d.pmpu@gmail.com (+62) 21 42878701 / 42875738
Kelompok ini mencakup usaha pengolahan dan pengawetan ikan (bersirip/pisces) melalui proses pengasapan/pemanggangan seperti ikan bandeng asap, ikan julung-julung/roa asap, ikan fufu/asar asap, ikan lele asap, dan ikan patin asap.

Jenis Pangan

Ikan Asap
Kelompok ini mencakup usaha pengolahan dan pengawetan ikan (bersirip/pisces) melalui proses peragian/fermentasi, seperti peragian/fermentasi peda, ikan kayu, dan kecap ikan.

Jenis Pangan

Kecap Ikan; ikan kayu;
Kelompok ini mencakup usaha pengolahan dan pengawetan crustacea, mollusca, echinodermata dan biota perairan lainnya melalui proses peragian/fermentasi seperti terasi udang.

Jenis Pangan

-
Kelompok ini mencakup usaha pengolahan rumput laut menjadi rumput laut kering dan olahan (alkali treated caragenan chips), gelatin, agar-agar, karagenan dan lainnya.

Jenis Pangan

agar-agar kertas; dodol rumput laut; Nori;
pengawetan buah-buahan dan sayuran dengan proses pengasinan, baik dalam bentuk kemasan ataupun tidak, seperti asinan kedondong, asinan wortel.

Jenis Pangan

Sayur Asin; Jamur Asin; asinan jahe; sawi asin; Sauerkraut; pikel buah; tempoyak;
pengawetan buah-buahan dan sayuran dengan proses pelumatan, baik dalam bentuk kemasan ataupun tidak, seperti selai mangga, jelly murbai, dan cabe giling.

Jenis Pangan

selai sayur; selai buah; jem buah; jeli buah; marmalad; Chutney Mangga (Mango Chutney); produk buah oles; bubuk asam jawa; saus buah; topping buah; konsentrat asam jawa; dodol atau lempok buah; wajit buah; Cincau Hitam;
pengawetan buah-buahan dan sayuran dengan cara pengeringan, baik dalam bentuk kemasan ataupun tidak, seperti kismis (anggur), bawang merah, bawang putih, cabe kering, rebung kering dan jamur kering. Termasuk Industri keripik dari buah dan sayuran.

Jenis Pangan

Emping Melinjo; Emping Jengkol; keripik bayam; keripik jamur kancing; kerupuk jengkol; Buah Bersalut; Buah Bergula; Buah Berkristal; kulit buah bergula; bars buah; keripik buah;
pengawetan buah-buahan dan sayuran dengan cara pengolahan sari buah-buahan dan sayuran, seperti bubuk sari buah-buahan, air/sari pekat buah-buahan dan air/sari pekat sayuran (konsentrat), nektar buah dan atau sayuran.

Jenis Pangan

-
pengolahan bahan-bahan dari nabati menjadi minyak mentah (crude oil) yang masih perlu diolah lebih lanjut dan biasanya produk ini dipakai oleh industri lain (kecuali minyak mentah kelapa sawit (crude plam oil) dan minyak mentah kelapa) termasuk juga industri hasil lemak dari nabati yang dapat digunakan sebagai bahan makanan, seperti minyak bunga matahari.

Jenis Pangan

-
pengolahan bahan-bahan dari hewani selain ikan menjadi minyak mentah dan lemak hewani, seperti minyak/lemak babi, lemak sapi dan lemak unggas.

Jenis Pangan

minyak hewani
pengolahan kelapa menjadi minyak mentah (crude oil) yang masih perlu diolah lebih lanjut dan biasanya produk ini dipakai oleh industri lain.

Jenis Pangan

minyak kelapa
pengolahan lebih lanjut kelapa, seperti pelet kelapa.

Jenis Pangan

-
penggilingan gandum dan serelia lainnya menjadi tepung dan pelet , seperti gandum dan sorghum, rye, oat dan serelia lainnya.

Jenis Pangan

Serbuk Minuman Sereal; Keping Jagung (Corn Flake); Sereal Siap Santap; Sereal Siap Santap dengan Serealia Utuh (Whole Grain Ready T; Granola; biji kopi(sangrai);
pembuatan tepung dari aneka kacang melalui proses penggilingan, seperti tepung tepung kacang hijau, tepung kacang kedelai dan tepung lainnya (seperti dari kacang tanah, kacang merah dan tanaman leguminous lainnya).

Jenis Pangan

Serbuk Minuman Kedelai; Selai Kacang; Olesan Kacang; Olesan Mengandung Kacang; Meal; Bumbu Kacang;
pembuatan tepung dari aneka umbi dan sayuran termasuk rhizoma melalui proses penggilingan, seperti tepung dari ubi kayu (gaplek), ubi jalar, talas, irut, jahe, temulawak, kunyit dan kapulaga dan sayuran.

Jenis Pangan

tepung mokaf; tepung gaplek; tepung umbi lainnya; tepung iles-iles; gari;
pembuatan tepung campuran dan adonan tepung yang sudah dicampur untuk roti, kue, biskuit, kue dadar, termasuk tepung untuk adonan, misalnya untuk melapisi permukaan ikan atau daging ayam, seperti tepung pelapis, tepung bumbu, tepung bakwan, tepung bakso, premiks untuk makanan pencuci mulut berbasis serealia dan pati dan tepung custard tanpa telur.

Jenis Pangan

tepung custard; Premiks Untuk Makanan Pencuci Mulut Berbasis Serealia dan Pa; Tepung Pelapis; Tepung Bumbu; Tepung Bakwan; Tepung Bakso ; Premiks Untuk Stuffing; Premiks Untuk Roti Tawar dan Produk Bakeri Tawar; premiks untuk bakeri istimewa;
pembuatan pati ubi kayu melalui ekstraksi, seperti tepung tapioka.

Jenis Pangan

tapioka atau pati singkong atau pati ubi kayu
pembuatan pati dari berbagai macam tanaman suku palma, seperti pati sagu/pati mutiara dan pati aren.

Jenis Pangan

tepung aren; pati sagu; sagu mutiara;
pembuatan berbagai macam pati melalui proses ekstraksi yang belum termasuk kelompok 10621 s.d. 10623, seperti pati kentang, pati bengkoang, pati temulawak, pati irut dan pati biji mangga.

Jenis Pangan

pati garut; kinako; pati kacang hijau atau hunkwe;
pembuatan tepung beras dan tepung jagung.

Jenis Pangan

-
pembuatan pati beras dan pati jagung (maizena).

Jenis Pangan

pati jagung atau maizena;
pembuatan berbagai macam roti, kue dan produk bakeri lainnya seperti industri roti tawar dan roti kadet; industri kue, pie, tart; industri biskuit dan produk roti kering lainnya; industri pengawetan kue kering dan cake; industri produk makanan ringan baik yang manis atau asin; industri tortillas; dan industri produk roti yang dibekukan, seperti pancake, waffle dan roti kadet.

Jenis Pangan

geplak; Krekers Krim; Water Biscuit; Krekers Soda; Crouton; Tepung Panir; Tepung Roti/Bread Crumb; Roti Untuk Stuffing; Biskuit; Biskuit Non Terigu; Biskuit Marie; Biskuit Marie Salut; Biskuit Lapis/Biskuit Sandwich; Biskuit Colek; Kukis; Kukis Lunak (Soft Cookies); Kukis Gula; Kukis Oatmeal; Nastar; Kastengel; Wafer; Wafer Roll/ Wafer Stick; Wafer Salut; Egg Roll; Biskuit Bar Sereal Isi; Crepes; roti bagelen; kue tambang; waffel; cone untuk es krim; bakpia; bolu emprit; malkis; bakery; Wajik/Wajit Wajik/Wajit; Jipang Jagung; Jipang Beras; Jipang Melinjo; Jipang/Kipang Kacang;
pembuatan gula merah baik berbentuk cetakan, serbuk/granul maupun cair, yang murni dari nira sebagai bahan baku baik berasal dari tebu maupun tanaman palma (aren, kelapa dan sejenisnya).

Jenis Pangan

gula palma cetak; gula palma serbuk (gula semut); gula merah tebu/saka;
pengolahan gula menjadi sirop, seperti industri sirup gula dan produksi sirup dan gula maple. Kegiatan pembuatan sirop yang tergabung dengan pabrik gula dan tidak dapat dipisahkan tersendiri dimasukkan dalam kelompok 10721 atau 10722.

Jenis Pangan

sirup tebu; sirup meja; sirup buah; sirup berperisa;
pengolahan gula ke dalam bentuk lain, termasuk pembuatan gula batu, gula cair, tepung gula, gula pengganti dari jus tebu, bit, maple gula cair, gula stevia, kelapa, nira, aren dan molasse (harum manis), toping (non-buah) saus manis, dan gula merah yang tidak murni dari nira sebagai bahan baku utamanya dan yang tidak termasuk dalam kelompok 10721 sd. 10723.

Jenis Pangan

gula serbuk; Icing; Frosting; Saus Butterscotch; Saus/Topping/Olesan Manis; Saus/Topping/Olesan (non buah); Taburan Berbasis Gula; Madu;
pembuatan segala macam makanan yang bahan utamanya dari cokelat seperti cokelat, cokelat compound, coklat couverture, cokelat imitasi, coklat putih, gula-gula dari cokelat, olesan dan isian berbasis kakao. Termasuk industri minuman dari cokelat dalam bentuk bubuk maupun cair. Contoh lain: kurma salut coklat tabur permen

Jenis Pangan

Saus/Topping/Olesan Cokelat; Coklat bubuk; Sirup Cokelat; Cokelat Pasta (Berbasis Minyak); Cokelat Pasta (Berbasis Air); Cokelat Hitam (Dark Chocolate, Semisweet Chocolate, Bittersw; Cokelat Hitam Manis (Sweet Chocolate); Cokelat Hitam Kovertur (Dark Chocolate Couverture); Cokelat Susu (Milk Chocolate); Cokelat Susu Kovertur (Milk Chocolate Couverture); Cokelat Putih (White Chocolate); Cokelat Putih Kovertur (White Chocolate Couverture); Bonbon Cokelat /Permen Isi Cokelat; Praline; Truffles; Cokelat Isi (filled chocolate); Cokelat Berperisa; Cokelat Aerasi; Cokelat Laminasi; Cokelat Komposit; Cokelat Paduan/Cokelat Compound; Coklat Paduan / Chocolate Compound butir; Cokelat imitasi;Bubuk Minuman Kakao (Drinking Cocoa Mixes); Bubuk minuma coklat (Drinking Chocolate); Kakao Instan; Cokelat Instan; cokelat bubuk; Minuman coklat paduan
pengawetan buah-buahan dan sayuran baik buah, kacang, kulit buah dan bagian lain dari tumbuhan dengan proses pemanisan dan pengeringan, baik dalam bentuk kemasan ataupun tidak, seperti manisan pala dan manisan mangga kering, sayuran dan buah-buahan kering lainnya.

Jenis Pangan

manisan buah, sale pisang,
pembuatan kembang gula termasuk seluruh kembang gula keras, kembang gula lunak, kembang gula karet, caramel, cachous, nougat, foundant, dan marzipan, yang bahan utamanya bukan dari coklat.

Jenis Pangan

Kembang Gula Keras/Permen Keras/Hard Candy/Boiled Sweet; Pastiles; Pressed Candy/Lozenges; Kembang Gula Isi Susu/Permen Isi Susu; Kembang Gula Lunak/ Permen Lunak; Kembang Gula Karamel/Permen Karamel; Fudge; Butterscotch; Licorice; Toffee; Krokant/Brittles; Marshmallow; Kembang Gula Jeli Pati (Starch Jelly); Kembang Gula Jeli Agar dan Gelatin; Gula Kapas (Cotton Candy)/Arumanis; Gulali; Permen Enting-Enting atau Nut Brittles; Raw Marzipan, Base Almond Paste; Marzipan, Almond Paste;
industri kembang gula lainnya, yang tidak termasuk pada kategori 10731 sd. 10734 seperti permen karet dan permen obat batuk dan pastilles.

Jenis Pangan

Pastiles; Kembang Gula Kret/ Perme; n Karet
pembuatan makaroni, mie, spagheti, bihun, so'un dan sejenisnya, baik dimasak atau tidak dalam bentuk basah maupun kering. Termasuk industri couscous dan industri produk pasta yang dibekukan atau dikalengkan.

Jenis Pangan

pasta; pasta gandum utuh; produk pasta gansum dan kedelai; produk pasta sayur; pasta lainnya; sohun; sohun lainnya; bihun; bihun lainnya; pasta instan; pasta instan lainnya; mi kering; produk mie gandum dan kedelai; produk mie sayur; bihun instan; kwetiaw instan; makaroni instan; mi instan; mie instan lainnya; mi soa
penyangraian, penggilingan dan pensarian (ekstraksi) kopi menjadi berbagai macam bubuk atau cairan, seperti kopi sangrai, kopi bubuk, kopi instan, ekstrak dan sari kopi. Termasuk industri pengganti kopi. Penggilingan kopi bubuk di tempat pedagang kopi dimasukkan dalam kelompok 47222 dan 47823.

Jenis Pangan

biji kopi(sangrai); kopi bubuk; kopi campur; kopi celup; minuman serbuk kopi susu; minuman serbuk kopi krimer; minuman serbuk kopi; konsentrat minuman kopi;
pengolahan daun teh menjadi teh. Termasuk kegiatan pencampuran teh dan mate, industri ekstraksi dan olahan berbahan dasar teh dan mate.

Jenis Pangan

-
pembuatan kecap dari kedele/kacang-kacangan lainnya, dan pembuatan tauco (baik dari kedelai/kacang-kacangan lainnya yang masih segar, maupun dari hasil sisa pembuatan kecap). Usaha pembuatan kecap ikan tercakup dalam kelompok 10215.

Jenis Pangan

Kecap Kedelai Asin (Salty Soy Sauce) Kecap Kedelai Asin (Sal; Saus Kedelai Lainnya; Kecap Kedelai Manis (Sweet Soy Sauce)Kecap Kedelai Manis (Sw; Kecap Pedas; Kecap Bumbu
bumbu pecel/sambal kacang, sambal2an

Jenis Pangan

Sambal Goreng Udang, Sambal Goreng Ikan, tauco; bawang putih goreng; bawang merah goreng; bumbu siap pakai; bumbu rasa sapi; bumbu rasa ikan; bumbu rasa udahng; bumbu rasa ayam; bubuk/blok/kubus/pasta/ ekstrak ayam/sapi/udang/keju; sambal; saus cabe; saus lobak; Saus Panggang/Saus Barbekue (BBQ Sauce) Saus Panggang; Saus Pizza; Saus Spageti; Saus Tiram; Saus Perendam; Saus tomat
pembuatan produk masak dari kelapa yang belum tercakup dalam golongan manapun, seperti santan pekat dan santan cair, kecap kelapa, sari kelapa (nata de coco), kelapa parut kering (dicicated coconut), krim kelapa dan tepung kelapa.

Jenis Pangan

-
pembuatan petis, saus tiram, terasi, khitin/khitosan, atau yang sejenisnya, dengan bahan baku utamanya ikan dan udang ataupun bagian-bagiannya, industri madu dan karamel buatan, industri ekstraksi dan jus dari daging dan ikan, industri konsentrat buatan/pembuatan macam-macam makanan yang belum tercakup dalam golongan manapun, seperti cincau, gist, baking powder, essence dan cuka makan. Usaha pembuatan terasi udang tercakup dalam kelompok 10295. Contoh lain: madu olahan, teh celup, tambahan: abon

Jenis Pangan

abon daging, abon unggas, abon ikan, dendeng daging, dendeng unggas, dendeng ikan; Telur Hitam (Pidan/Pitan/Bitan); Selai Kaya; Acar (Sweet Pickle); pikel fermentasi; Jamur Fementasi; kimci; Teh Hitam; teh hijau; teh putih; teh wangi; teh oolong atau teh semi fermentasi; teh hijau bubuk; teh kering; teh hitam celup; teh wangi celup; teh hijau celup; konsentrat minuma teh; minuman serbuk teh; cuka fermentasi; cuka hasil pengenceran; Sambal; Saus Cabe; Saus Lobak; Saus Panggang/Saus Barbekue (BBQ Sauce) Saus Panggang/Saus B; Saus Pizza; Saus Spageti; Saus Tiram; Saus Perendam; Saus tomat; Saus asam manis; Kecap Inggris, Saus Worchester; Saus Teriyaki; Saus Topping/Saus Siram; Saus Salsa; Campuran Untuk Saus, Gravies, dan Dressing; Saus Tiram Bening; Ragi Tape; Ragi Tempe; oji atau Ragi Tauco atau Ragi Kecap Koji atau Ragi Tauco at; Miso; Minuman Botanikal/Minuman Rempah (Bentuk Padat); Serbuk Sekoteng; Minuman Serbuk Teh; Konsentrat Minuman Rasa/Berperisa;
Lapisan Tipis Cairan Kedelai;

Jenis Pangan

Lapisan Tipis Cairan KedelaiKacang Goreng Lainnya; Kacang Garing/Kacang Kulit; Kacang Sangrai; Kacang Goreng; Kacang Bawang / Kacang Tojin; Kacang Panggang; Kacang Panggang Lainnya; Kacang Atom/Sukro; Kacang Atom Lainnya; Kacang Telur; Kacang Goyang; Kacang Bersalut;
berbagai macam kerupuk, keripik, peyek dan sejenisnya, seperti kerupuk udang, kerupuk ikan dan kerupuk pati (kerupuk terung). Dan usaha pembuatan berbagai macam makanan sejenis kerupuk, seperti macam-macam emping, kecimpring, karak, gendar, opak, keripik paru, keripik bekicot dan keripik kulit, peyek teri, peyek udang. Kegiatan atau usaha pembuatan keripik/peyek dari kacang kacangan dimasukkan dalam kelompok 10793

Jenis Pangan

Kerupuk Kulit/Rambak, Keripik Paru, Kerupuk Berbasis Daging, dan Daging Hewan Buruan, Keripik Kulit Ikan Goreng, Ikan dan Hasil Perikanan lain termasuk Moluska, Krustase, dan Ekinodermata Renyah, Keripik Ikan, Keripik Belut, Rendang Ikan; Kerupuk Ikan Udang, Moluska (Mentah); Dendeng Ikan; Kerupuk hasil perikananan (matang); Sumpia Hasil Perikanan Termasuk Moluska, Krustase dan Echinodermata; Kerupuk Berbasis unggas; Usus ayam goreng; Rendang Telur kering; kerupuk mentah; makanan ringan simulasi; kecimpring; simping; pilus; slondok; kerupuk beras; rempeyek; makanan ringan ekstrudat; krekers rasa; Emping Beras; Keripik Kentang; Keripik Gadung; Jagung Marning; Kerupuk Karak; Kerupuk Intip; Rengginang/Batiah; Patilo / Rengginang Singkong; Rempeyek Ikan;
pembuatan dodol yang terbuat diperoleh dari bahan utama tepung beras atau tepung beras ketan, santan kelapa dan gula, dengan atau tanpa bahan tambahan lain yang dimasak hingga mencapai tekstur yang diinginkan. Pembuatan lempok masuk kedalam kelompok 10792

Jenis Pangan

Dodol/ jenang/ gelamai;
pembuatan produk makanan lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain, seperti telur asin, soup dan kaldu, makanan yang tidak tahan lama, seperti sandwich, pizza mentah, selongsong sosis dari kolagen, selulosa, usus hewan, dan lainnya. Termasuk industri ragi, susu dan keju pengganti dari selain susu dan produk telur dan albumin telur, pangan diet khusus dewasa dan pangan keperluan medis khusus dewasa, seperti minuman untuk ibu hamil dan menyusui, makanan untuk penderita penyakit tertentu, pangan protein produk seperti Hydrolised Vegetable Protein (HVP). Contoh lain: Jahe serbuk

Jenis Pangan

-
+
WA Chatbot Cek SPPIRT Cari KBLI